Bagaimana Cara Membuat Website WordPress – Panduan dan Langkah Langkah Bagi Pemula

6 Alasan mengapa anda menyukai Panduan dan langkah sebuah situs website yang keren ini :

image

Di Wpaesthetic kami menghabiskan banyak waktu untuk meninjau produk dan menyediakan konten bacaan yang baik untuk pembaca kami. Banyak yang diantaranya terbiasa dengan cara kerja situs web yang berjalan di WordPress maka panduan ini ditujukan untuk membantu siapa saja yang berniat untuk membuat situs web pertama mereka. Ini adalah platform yang kami rekomendasikan.

Tutorial step by step – kami memulai untuk menemukan sistem manajemen konten yang tepat, memilih nama domain, lalu layanan web hosting yang tepat, menambahkan Tema WordPress, Plugin dan menyesuaikan penampilan situs anda dengan benar. Pada saat anda menyelesaikannya dan bagaimana membuat website WordPress untuk panduan pemula maka anda akan memiliki situs web lengkap yang siap untuk diluncurkan.

 

3 langkah sederhana wordpress 

image

image

 

Apakah yang dimaksud dengan Content Management System?

Content Mangement System adalah sejenis platform atau mekanisme yang memungkinkan anda membuat konten serta mempublikasinnya ke dalam situs web anda. Misalnya sebuah gantungan baju berdiri dengan mantel yang merupakan konten anda. Sumber : Wikipedia

Content Management System adalah sebuah perangkat lunak yang akan di install pada server host anda dan penyedia host anda kemungkinan akan memiliki proses instalasi satu klik yang bisa membantu anda menginstal CMS anda. Setelah terinstall maka anda bisa masuk ke situs anda sebagai admin dan menambahkan foto, teks dan konten lainnya dan anda juga dapat menggunakan konten yang telah anda tambahkan untuk membuat entri blog dan bentuk konten lainnya seprti misalnya halaman produk atau menampilkan portofolio kerja di situs anda.

Content Management System merupakan sebuah cara yang lebih dari sekadar alat untuk mencapai tujuan dan anda juga dapat memasang tema tema WordPress yang merupakan bagian dari template yang telah di modifikasi agar sesuai dengan tujuan spesifik situs anda. Dengan template yang ditambahkan maka anda dapat menyesuaikan tampilan situs website anda dan anda juga dapat menambahkan plugin untuk menambahkan fungsi ke situs anda misalnya plugin share button untuk membuat tombol share.

Semua ini bisa anda lakukan dengan menggunakan Content Mangement System.

 

CMS Yang Terbaik Untuk Anda

Sebagian besar dari situs web menggunakan WordPress dan dua pilihan lainnya yang tidak begitu populer adalah Joomla dan Drupal.

 

WordPress

Pilihan yang tepat untuk seseorang yang baru saja membuat website pertamanya dan itu memiliki skalabilitas yang cukup dan bekerja dengan baik dengan traffic website yang rendah dan menengah. Kami sampai saat ini menerima 1,5 juta tampilan setiap bulan dan kami menjalankan WordPress sehingga itu memberikan kamu sebuah ide tentang traffic menengah. Bahkan situs situ webiste seperti majalah TIME, CNN, TED, Techcrunch, NBC dan lainnya itu semua menggunakan WordPress untuk melayani jutaan tampilan halaman setiap harinya.

 

Alasan Mengapa WordPress itu Sangat Mudah dan Sangat Sesuai Dengan Penggunannya.

  • Sangat mudah untuk di install sebagian bersar layanan hosting mempunyai one click installation option dari WordPress yang memberikan kemudahan untuk para orang orang yang menggunakannya.
  • Strong Community & Open Source
    Ini adalah gradis dan dapat digunakan oleh banyak orang dan banyak tema WordPress yang gratis dan plugins yang dapat anda manfaatkan untuk situs anda. terlepas dari tema gratis, dan tema dan plugins premium yang murah hadir dengan layanan dukungan yang terbaik dari penyedia layanan mereka. Jika anda memiliki keraguan atau masalah maka Google lah yang bisa menjawab pertanyaan anda dan jika benar saya akan menemukan jawaban atas keraguan anda yang di jawab oleh tiga hasil pencarian Google. Sebuah komunitas yang kuat juga dapat membantu anda dalam proses instalasi WordPress.
  • Ideal For Non Technology Online entrepeneurs
    Sebagian besar produk yang terkait dengan WordPress seperti tema dan plugin cukup mudah digunakan dan dalam mengginstall Content Management System seperti WordPress hanyalah sebuah proses langkah pertama serta ada yang lebih banyak pembuatan situs website seperti itu.

 

Ada 2 hal kekurangan dalam wordpress :

  • Salah satu kelemahan WordPress adalah mungkin menjadi sangat sulit jika situs anda tumbuh terlau besar dan menerima banyak traffic.
  • Masalah potensial lainnya adalah dari kualitas dari tema dan plugins yang gratis meskipin sebagian besar baik dan memiliki standar kemanan yang cukup tinggi dan anda juga haurs meng  waspadai plugin plugins dari pihak ketida yang tidak diketahui asalnya. WordPress adalah platform yang aman di luar kotak tetapi dengan menambahkan perangkat lunak pihak ketiga itu adalah merupakan ide yang buruk.

 

screenshot.61

 

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas WordPress sejauh ini merupakan  Content Management System yang paling terpopuler dan digunakan hampir 65% situs web Content Mangement System di seluruh dunia.

 

Hal yang perlu ada ketahui adalah semua Content Management System memiliki satu kekurangan dan untuk admin baru WordPress adalah cara terbaik. Tetapi kalau berbicara tentang Drupal dan Joomla adalah semuanya sama. Anda harus menyadarinya dan anda harus memutuskan untuk mengganti Content Mangement System anda di lain waktu dan itu juga akan memberitahu anda mengapa mungkin Joomla dan Drupal tidak sesuai dengan kebutuhan pemula.

 

Drupal

Tidak seperi WordPress, Drupal ini tidak terlalu cocok untuk pengembang situs website yang  merupakan pengembang website untuk pemula karena Drupal adalah Content Mangament System Open Source dan sebagian besar digunakan oleh perusahaan besar dengan situs website yang luas dan traffic yang tinggi. ini memiliki kemungkin penyesuai tersendirinya dengan tema dan plugin yang telah dibuat untuk memberi nilai tambah pada situs Drupal ini. Pada situs web Drupal ini sedikit lebih cepat dan sedikit mengurangi pajak pada server host

Tetapi jika anda baru pengembang web pemula ini adalah sangat tidak cocok untuk anda, Mengapa? Ini lebih rumit lagi dibandingkan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan anda.

 

Joomla

Joormla yang Open Source dan gratis ini seperti 2 platform sebelumnya dan ini adalah yang lebih baik lagi dibanginkan yang dua lainnya karena ketika anda harus menemukan komunitas engguna (Seperti jaringan sosial kecil atau komunitas yan erat untuk pembaca anda) dan ini jauh lebih cocok untuk membuat situs web sosial dengan banyak keterlibatan interaksi dari pengguna.

Dan lagi alasan mengapa kami tidak merekomendasikannya untuk anda.

 

Mungkin WordPress adalah pilihan yang terbaik untuk anda semua.

Jika anda memulai dengan sebuah nama domain yang baru dengan tanpa traffic maka anda lebih baik dengan WordPress ini karena di dalam WordPress ini sangat udah dipahami dan sangat mudah di gunakan serta gratis dan di lengkapi dengan sejumlah tema teman dan plugin plugin yang berkualitas premium. Biaya hosting mudah dan persentase pengusaha online yang tumbuh saat ini tidak tahu cara menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan PHP. Di WordPress ini adalah pilihan yang terbaik karena menawarkan kemudahan yang sangat baik bahkan untuk WordPress pemula.

 

Kelebihan Kelebihan Dalam Menggunakan WordPress.

  1. Gratis
  2. Komunitas yang sangat kuat
  3. Platform yang sering di perbaharui
  4. Sejumlah tema dan plugin yang gratis
  5. Pilihan yang sangat baik untuk tema dan plugin premium
  6. Mudah digunakan dan ramah untuk para pemula
  7. Platform aman di luar kontak
  8. Beberapa pilihan untuk hosting termasuk layanan hosting terkelola

 

image

 

Sebelum anda memilih nama domain maka anda harus memastikan niche yang ingin anda pusatkan dan dalam memilih area niche yang di fokuskan itu merupakan tugas penting karena untuk membuat situs yang bisa menghasilkan pendapatan sangat penting untuk meneliti kata kunci dan niche. Pastikan itu adalah sesuatu yang anda sukai dan benar benar bergarah.

 

Saran Saran dalam mendaftarkan nama domain yang ada (belum terdaftar.

  • Situs Web untuk bisni
    Jika anda berniat membuat situs web untuk bisnis anda maka sebaiknya pilih lah nama domain yang merupakan nama atau merek perushaan anda misalnya nama domain nya adalah YourCompanyName.com atau YourBrandName.com
  • Situs Web untuk personal
    Jika anda berniat membuat situs web untuk pribadi maka lebih baik dengan .com
  • Hobby Web

 

Extensions nama domain yang paling populer (bagian akhir dari alamat situs web, seperti .com, .org, .net namun dalam beberapa tahun terakhir sejumlah besar extension domain baru telah di perkenalkan (Wikipedia) dan sekarang anda bisa mendaftarkan nama domain seperti YourCompanyName.pizza, YourCompanyName.green, atau YourName.ninja.

Namun untuk Situs web pertama anda kami menyarakan anda untuk tetap bertahan pada .com, .net dan .org karena di ekxtensi domain baru belum menjadi arus utama dan mungkin itu membingungkan para pengunjung anda dan bahkan beberapa jaringan sosial, layanan dan aplikasi memiliki masalah dalam menampilkan nama domain baru ini karena itulah saran kami untuk menghindarinya.

 

Memilih Nama Domain Yang Tepat

langkah selanjutnya dalam memilih nama domain adalah sebuah nama domain yang pada dasarnya URL satu jenis kedalam address bar browser untuk mengunjungi situs web tertentu.

Dalam mendapatkan nama domain yang tepat adalah sangat penting dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di ingat dan sambil mempertimbangkan pilihan nama domain.

  • Pendek
    Nama yang lebih pendek itu lebih gamapng di ingat dan juga mudah di ketik
  • Brandable
    Domain yang sesuai dengan merek anda
  • Memorable
    Orang orang sangat mudah untuk lupa dan dengan nama domain yang mudah di ingat maka pengunjung yang pertama kai datang saja akan mengigatnya.
  • Mudah di ketik
  • Includes Keyword
    Nama domain yang terdiri dari kombinasi kata kunci yang tepat maka akan semakin baik untuk opstimai Search Engine (SEO)

 

Hosting

Anda memiliki dua pilihan ketika anda datang ke jenis penyedia hosting yang di rekomendasikan untuk para pemula WordPress

  • Shared Hosting
  • Managed WordPress Hosting

 

Kami tidak merekomendasikan hal lain selain rencana shared hosting untuk webmaster pertama kali karena semua bentuk hosting yang mungkin pernah anda dengar seperti Virtual Private Hosting (memerlukan pengetahuan teknis yang masuk akal). Hosting WordPress yang dikelola (terlalu mahal) mungkin bukan pilihan tepat untuk situs web pertama anda dan seiring pengetahuan dan bisnis Anda berkembang anda mungkin mempertimbangkan VPS atau hosting WordPress yang dikelola sepenuhnya.

Shared hosting adalah cara untuk upgrade host anda dan kami telah merekomendasikan dua layanan shared hosting dan juga menambahkan proses instalasi yang rumit untuk WordPress dengan keduanya. Kedua penyedia hosting menawarkan pendaftaran domain dan hosting situs web dan itulah yang kita butuhkan untuk membuat situs web yang mengagumkan.

 

BlueHost

Berikut ini adalah panduan panduan video tentang cara melakukan instalasi WordPress


Klik disini untuk mengunjungi BlueHost dan akan memproses penginstalan pertama website.

Jika anda mengalami kendala di dalam proses instalasi maka silahkan lihat video di atas.

  1. Pilihlah hosting page yang benar dan kami menyarankan paket yang standar karnea menawarkan banyak kecepatan, kinerja, fungsionalitas dan penyimpanan untuk situs web pertama anda.image
  2. Anda akan diminta untuk memilih anam domain seperti yang dapat lihat pada gambar di bawah ini dan periksa kembali nama domain anda untuk menghindari kesalahan ketik. image
  3. Dan langkah selanjutnya adalah memasukkan data data diri dan kartu kredit. image
  4. Di dalam BlueHost CPanel (administration panel) temukan tombol Install WordPress. image
  5. Click pada Tombol Hijau untuk menyelesaikan Instalasi pada WordPress. image
  6. Sekarang pilih jika kamu ingin menggunakan website anda atau tanpa “www.: di depan nama website anda (www.YourWebsite.com or YourWebsite.com). Jika kamu tidak bisa menentukan
    anda dapat meninggalkannya.
    image
  7. Pada proses Penginstallan WordPress memerlukan Email ID, Username dan Password dan centang semua kondisi yang di perlukan berdasarkan perjanjian lisensi. image
  8. Dan Penginstalaln.
    image
  9. Setelah Penginstallan berhasil maka anda akan melihat pesan chat yang bertulis “your Install is Complete!” dan tombol bertulis “View Credentials”. image
  10. Dengan mengklik tombol itu anda akan menuju kehalaman dimana anda akan dapat menemukan credentials login WordPress yang baru di Install. image
  11. Dan sekarang anda bisa masuk ke dalam website anda dengan mengklik link yang YourWebsiteName.com/wp-admin

 

SiteGround

SiteGround’s shared hosting plan memiliki proses pemasangan dan pendaftaran domain WordPress yang serupa dan sanga gampang. Situs tersebut menanyakan apakah anda memiliki nama domain atau perlu mendaftarkannya dan dalam kasus kami karena anda dapat membuat situs pertama anda.

Setelah registrasi domain anda bisa mengiikuti tutorial yang gampang dalam tiga langkah ini untuk penginstalasi WodPress. Cara terbaik dalam memilih “Get WordPress Preinstalled in this account”.

 

SiteGround vs BlueHost

Kami menyarankan agar anda melihat keduanya dan memutuskan berdasarkan registrasi domain yang pernahy ada dan proses instalasi WordPress terasa lebih mudah. Tetapi secara pribadi kami merasa itu tidak masalah dan anda tidak perlu khawatir tentang dua layanan hosting mana yang harus anda jalani.

Jika anda menginginkan daftar penyedia layanan shared hosting yang jauh lebih rumit maka lihat panduan hosting pada WordPress kami.

 

image

WordPress Admin Screens

  • Ke YourWebsiteName.com/wp-admin
  • Tulis username dan password  yang ada masukkan tadi selama proses instalasi WordPress.

image

 

Menu admin WordPress anda tersedia di sisi kiri layar dan letakkan kursor anda berlama lama di atasnya supaya membuka sub menu.

  • Dashboard
  • Posts
  • Media
  • Links
  • Pages
  • Comments
  • Appearance
  • Plugins
  • Users
  • Tools
  • Settings

 

 

Menyesuaikan Penampilan Situs Anda dan Mengaktifkan Tema WordPress

Themes (Appearances > Themes)

  1. Buka Appearances > Themes. Disini anda akan melihat bagian dari setiap subbagian dan jika anda ragu untuk mengakses bagian menu WordPress maka lihat gambar dibawah ini. image
  2. Kemudian Klik tombol “Add New” di sebelah atas dan pilihlah salah satu tema yang ditampilkan atau carilah tema yang spesifik. image
  3. Kemudian Install Tema baru dan kemudian aktifkan. image
  4. Pada langkah selanjutkan yang melibatkan penyesuaian tema maka anda dapat mengakses dibawah dari Appearance > Customize dan anda juga dapat melakukan sejumlah hal untuk
    penampilan situs anda dari sini.
    image

 

Widgets (Appearances > Widgets)

Widgets adalah modul preset atau potongan kode yang menambahkan fungsi tertentu yang akan berguna untuk website anda dalam beberapa kapasitas.

image

Seperti pada gambar di atas disana ada 6 widgets disidebar dan Widget ini termasuk search bar, a recent posts widgets, recent comments, archives, categories dan meta. kemudian kamu dapat melihat 4 footer area yang dimana kamu dapat menambahkan widgets yang sama. Jumlah area pada footer, header dan sidebar area yang tersedia untuk anda tergantung pada tema yang digunakan.

Widgets tidak sama dengan plugin tetapi potongan kecil kode yan gmenambahkan sedikit fungsi dan terkadang itu bisa membantu dengan navigasi, kadang kadang dengan sosial media serta anda bahkan bisa menggunakan HTML ke Widgets text. Jadi widgets merupakan alat yagn sangat berguna tetapi anda perlu sedikit belajar sebelum anda menggunakan sebelumnya.

 

Menus (Appearances>Menus)

Menu adalah hal yang sangat penting untuk website manapun karena mereka menawarkan sarana untuk menavigasi situs anda dan isinya. Bagaimanapun apa gunanya membuat konten yang menawan dan jika pengunjung anda tidak dapat menemukannya dengan mudah di situs anda. Menu dan navigasi yang buruk dapat meneybabkan tingkat bounce rate (jumlah visitors sebagai percentase yang meninggalkan situs anda setelah hanya melihat satu halaman saja.)

Kamu mungkin pernah melihat website yang menunya ada di sebelah atas dan bahkan ada di sebelah bawan dan itu semua kita bisa melakukannya.

Anda ingin menyertakan halaman seperti “About”, “Blog”, “Contact” dan “Our Services” sebagai bagian dari menu utama anda. Setiap halaman yang ingin ditampilkan pada menu anda dapat ditambahkan. Jumlah menu dan penempatannya di situs anda bergantung pada tema WordPress anda.

image

Menu Yang Bagus adalah :

  • Sederhana dan minim
  • ini adalah representasi dari semua penawaran situs anda.

 

Background (Appearances > Background)

Banyak website website memilih untuk memiliki plain single color background.

image
Sebuah website yang media contohnya mencakup situs fotografi atau situs web portofolio yang memiliki latar belakang yang hebat dan jika anda ingin agar situs anda mengirimkan isyarat visual yang kuat ke pemirsa anda maka anda bisa menggunakan latar belakang yang cantik dan menawan.

 

 

Adding New Plugins (Plugins > Add New)

Plugins adalah scripts atau potongan kode yang ditulis untuk melakukan funsi atau rangkaian fungsi yang lebih spesifik di situs anda.

Contoh sederhana adalah plugin Social Sharing dan ini ssangat membantu konten ada di berbagai platform dan membantu untuk mendapatkan kabar bahwa konten anda ramah. Demikian pula orang yang mengembangkan plugin untuk pengoptimal mesin, tujuan keamanan, membuat dan memelihara gambar, untuk membuat formulir kontak.

 

Adding Pages (Pages > Add New)

Pages di situs anda sangat membantu anda untuk membagi situs website anda menjadi sejumlah potongan yang di perlukan untuk menyajikan berbagai halaman konten situs anda. halaman untuk tema seperti widget adalah plugin. Dengan halaman anda dapat membuat template khusus yang dapat dipanggil pada perintah untuk berbagai tujuan yang memerlukan desain yang sama atau serupa. Adan juga dapat membuat halaman khusus untuk memenuhi persyaratan Pages Contac Us.

image
Dan anda bisa membuat halaman halaman baru dan jika anda perlu untuk membuat template yang sering anda gunakan.

 

Comments (Access from WordPress Menu)

Sebuah website membutuhkan pembaca untuk membuat website tersebut sukses dan komentar adalah cara yang sangat ampuh untuk membuat debat hebat di situs anda dan ini hanya akan memberi nilai bagi yang lebih pada situs anda. Hampir tidak satu persen traffics yang mengunjungi situs anda akan pernah berkomentar dan itu mengasumsikan bahwa kontennya bagus.

Sebuah post yang bagus adalah dengan riwyat komentar yang sudah ada sebelumnya yang dapat membantu situs anda menerima lebih banyak komentar.

Dan hal yagn perlu di ingat adalah WordPress memungkinkan anda untuk menautkan situs anda saat mengomentari blog orang lain dan ini bisa mengirim pengunjung ketempat anda dan jika anda bermain pada kartu anda dengan benar dan melakukan upaya nyata untuk menawarkan sesuatu yang konstruktif dan akan banyak orang yang kana meninggalkan komentar mereka di blog anda juga.

Jika sayya merasa konten saya hebat dan postiing tertentu telah anda tulis dangat menggagumkan maka saya akan mendapatkan kesempatan untuk meninggalkan komentar saya terlebih dahulu dan siapa pun yang terbaik untuk berkomentar pertama.

Komentar adalah cara yang bagus untuk membangun pembaca yang hebat dan pengikut setia untuk situs website anda.

 

Posts (Posts > Add New)

Hal yang paling penting pada sebuah situs adalah Post dan di WordPress memiliki mekanisme posting yang sangat mudah digunakan dan ini salah satu alasannya WordPress menjadi sangat populer di masa ini.

Di WordPress anda memiliki 2 cara yang dimana anda dapat menulis postingan kamu yaitu edittor visual dan editor HTML. Kamu dapat memilih menggunakan Editor visual untuk memulai nya tetapi kamu harus mengetahui Editor HTML (Referred to as text editor) adalah sangat tool yang sangat membantu untuk membantu kamu dalam membuat format yang tepat didalam postingan kamu. Itu sermua tergantung pada anda dalam hal nyaman menggunakan editor visual atau editor HTML dan anda mungkin memperhatikan bahwa kami menggunakan editor visual dan sejujurnya setelah menambahkan semua format yang di perlukan.

 

image

Editor Visual sangat familir dengan kebanyakan teks dan memungkinkan anda untuk menambahkan efek BOLD/ ITALIC pada teks anda, merubah font, menambahkan bulleted lists dan numbered lists, align content dan menambahkan hyperlinks.

 

Categories (Post > Categories)

Categories adalah sarana untuk membagi konten anda dan di dalam WordPress kategori merupakan hal yang penting saat situs anda menerbitkan konten pada sejumlah masalah. Anda juga dapat menambahkan kategori dari editor post anda atau anda dapat mengaksesnya di Post>Kategori

image

Sekarang anda dapat memberi nama kategori untuk membuatnya dan anda dapat menambahkan slug yang padad dasarnya adalah URL yang  ditambahkan untuk semua psoting situs anda pada kategori tersebut.

 

Tags (Posts > Tags)

Tags sangat mirip dengan kategori keculai di setiap post umumnya mempunyai kumpulan tags dan tags adalah lebih spesifik dibandingkan dengan Categories tetapi terpisah dari mereka dan membantu mereka menemukan konten anda dengan lebih murah.

 

Media (Media > Add New)

Media seperti Foto dan video penting untuk situs website biasa dan mereka bahkan lebih untuk media berat di website dan dalam menambahkan media di WordPress sangatlah mudah. Anda bisa menambahkan media dari Posts atau kamu dapat menambahakn media langsung dari perpustakaan.

Anda bisa menambahkan judil gambar, keterangan, deskripsi gamar, tetapi hal yang penting adalah kamu juga dapat menambahkan all text yang membantu search engines untuk mengenali gambar anda dan ini adalah langkah kecil dalam memastikan operasi mesin pencari yang baik.

Ada banyak efek dan hal yang dapat anda lakukan terhadap citra anda seperti membuatnya muncul atau menggunakan lightbox dengan plugin di WorPress.

 

Your Profile

Menyiapkan profile di WordPress anda ini agak mungdah untuk di tangani dan anda dapat mengedit profile kamu dari “Edit Your Profile” Pada WordPress admin di sebelah pojok sebelah kanan atas. Anda bisa menggambarkan diri anda dan menambahkan link media sosial yang diperlukan juga.

Dan untuk menambahkan profile gambar untuk ID WordPress anda maka anda harus mendapatkan akun Gravatar anda memerlukan akun dari WordPress.com yang masuk ke panel admin situs anda.

 

accesspress-root_Pro-salepages